David Ganda Silalahi

let's our freedom's to be free

YAKUZA MOON : Memoar tentang putri seorang Yakuza

yakuzamoon_lgTerlahir sebagai sorang putri Yakuza merupakan suatu kenyataan yang berbalut pahit dan manis. Shoko Tendo, harus mengalami berbagai pergulatan dalam kehidupan sosialnya. Berawal dari ketidakterimaan linggkungan social terhadap keberadaannya, Shoko Tendo akhirnya menjerumuskan diri pada dunia “hitam”. Apa pun yang menjadi piihannya, dilakukan karna ia menyukainya dan merasakan ada kenyamanan serta kedamaian.

Melewati masa remaja sebagai “yanki” (sebutan untuk anak liar yang mengecat putih rambutnya dan kebut-kebutan mobil atau motor dengan kenalpot tanpa suara) merupakan keinginan Shoko yang sekaligus menjerumuskannya pada dunia lainnya. Shoko menjadi “yanki” pada usia 12 tahun dengan cirri khas menghirup “thiner”. Pengukuhan identitas diri ini pada dasarnya adalah untuk memperoleh rasa aman dan nyaman pada suatu komunitas tertentu. Melalui pengukuhan identitas inilah, Shoko akhirnya mengenal dunia kekerasan, sex dan narkoba. Hampir setiap hari dilewati bersama komunitas ini, yang bagi Shoko sendiri merupakan suatu tempat pelarian dari keluarganya yang selalu dirundung masalah.

Meskipun di cap sebagai “sampah” sosok Shoko merupakan karakter yang cukup keras dan egois. Merasa bosan dengan dunia “yanki”, Shoko menjajaki dunia “perhostesan”. Hari demi hari dilewati menjadi “perempuan” simpanan diri dari pria satu ke pria lainnya. Lama kelaman seiring dengan waktu, akhirnya Shoko menikmatinya, bahkan ketagihan. Terkadang Shoko sendiri terjebak dalam perasaan hati yang tidak bisa dipungkiri akan terlibat juga. Pada dasarnya sangatlah berat mencintai seseorang yang tidak akan bisa dimiliki. Kehidupan cintanya kerap kali diwarnai dengan berbagai kekerasan. Shoko bahkan sudah sangat terbiasa dengan berbagai pemukulan yang sering sekali mengakibatkan dirinya harus dirawat di rumah sakit. Tapi kekerasan inilah yang justru memunculkan sosok Shoko menjadi “perempuan tangguh”.Shoko menjadi sosok yang seakan-akan tidak memiliki hati dan rasa sakit.

Waktu kewaktu terlewati dari pria satu kepria lainnya, dari thiner ke bubuk putih. Seakan menemukan jati dirinya, semua itu memberikan berbagai pemahaman dan penyadaran. Shoko seakan-akan menemukan “ilmu kehidupan” dari apa yang dialaminya. Memang, pengalaman adalah guru yang paling indah.Perlu kita sadari dan fahami, tidak ada yang bisa memprediksikan kehidupan. Jika bisa memilih, Shoko mungkin tidak ingin dilahirkan sebagai Putri seorang Yakuza dengan segala stigma negatifnya. Sangat menarik mengimajinasikan bagaimana pengalaman hidup Shoko, menjadikannya sebagai sosok yang jauh lebih baik secara perlahan tapi pasti.

Shoko Tendo, merupakan sosok wanita yang terlahir dengan segala efek negatif orang tuanya, yang mencoba untuk bangkit dan memperoleh berbagai perubahan kehidupan dengan bercermin pada pengalaman.

3 comments on “YAKUZA MOON : Memoar tentang putri seorang Yakuza

  1. egu caroline
    Januari 30, 2009

    Wah,.. shoko keren juga yakss:D

    Cukup mengharukan ceritanya,.
    Sosok perempuan tangguh dengan keberanian untuk melepaskan diri dari hidupnya yang udah hancur. Tidak semua orang bisa seperti itu. Dia bisa bangkit, karna kekuatan yang memang ada di dalam dirinya.

    Banyak orang yang mengalami kehancuran hidup seperti yang dialami shoko, tapi mereka tetap saja menyia-nyiakan hidupnya tetap statis. Kisah mereka tidak akan terdengar,. Karena mereka tergolong orang yang kalah dalam perjuangan hidupnya.

    Ehm, kalo diliat dari iman kristen. Banyak juga tokoh yang mengalami pergulatan hidup yang berat. Dalam kesaksian mereka mengatakan berkata semua karena percaya, maka mereka bisa bertahan. Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya. (I Kor 10: 13).

    Shoko dia bisa karena dia belajar dan terus berjuang hingga akhirnya ia mampu menata kembali kehidupannya. Perempuan tangguh seperti itu apa masih ada yah??😀
    ( shoko sispane)

  2. YUDA
    Maret 6, 2009

    I VERY INTERESTING ABOUT THE TELL ‘N I WONT MUCH ABOUT THIS STORY.^_^

  3. NCG
    Maret 6, 2009

    Waktu tak bisa terulang kembali,jalanilah hidup yang sudah ada sekarang dengan damai

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on Januari 29, 2009 by in PUBLIKASI and tagged , , .
%d blogger menyukai ini: