David Ganda Silalahi

let's our freedom's to be free

MAKNA CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DI INDONESIA

“Oleh : David Ganda Silalahi”

1. UU No. 25 Tahun 2007 Tentang Penanaman Modal

Yang dimaksud dengan “tanggung jawab sosial perusahaan” adalah tanggung jawab yang melekat pada setiap perusahaan penanaman modal untuk tetap menciptakan hubungan yang serasi, seimbang, dan sesuai dengan lingkungan, nilai, norma, dan budaya masyarakat setempat.

2. UU No. 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas

Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan adalah komitmen Perseroan untuk berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat, baik bagi Perseroan sendiri, komunitas setempat, maupun masyarakat pada umumnya.

3. PER – 05 / MBU / 2007

  1. CSR dalam konteks BUMN dilihat dalam perspektif kemitraan, adalah program untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil agar menjadi tangguh dan mandiri melalui pemanfaatan dana dari bagian laba BUMN.
  2. Sedangkan CSR dalam konteks BUMN dilihat dalam perspektif bina lingkungan, adalah pemberdayaan kondisi sosial masyarakat oleh BUMN melalui pemanfaatan dana dari bagian laba BUMN

Berdasarkan pemaknaan di atas, dapat dilihat bahwasanya pengertian dan lingkup CSR antara undang-undang/peraturan yang satu dengan yang lainnya memiliki perbedaan dan kontradiksi dengan makna filosofi CSR itu sendiri. Menurut UU No. 25 Tahun 2007 Tentang Penanaman Modal, implementasi CSR lebih dititikberatkan pada aspek sosial dan lingkungan saja yang diaplikasikan melalui bagaimana menciptakan hubungan yang serasi, seimbang, dan sesuai dengan lingkungan, nilai, norma, dan budaya masyarakat setempat serta melestarikan fungsi lingkungan hidup.

Sementara itu menurut UU No. 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas, CSR dititikberatkan pada penciptaan pembangunan ekonomi berkelanjutan, dimana setiap Perseroan Terbatas harus berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna untuk meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat, baik bagi Perseroan sendiri, komunitas setempat, maupun masyarakat pada umumnya. Berbeda lagi halnya dengan pemaknaan menurut PER – 05 / MBU / 2007. Konsep CSR dilihat pada perspektif kemitraan dan bina lingkungan yang di aplikasikan melalui peningkatkan kemampuan usaha kecil agar menjadi tangguh dan mandiri serta melakukan pemberdayaan kondisi sosial masyarakat.

One comment on “MAKNA CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DI INDONESIA

  1. egu caroline
    Maret 2, 2009

    Dear pak David,.

    Maaf sebelumnya artikelnya saya ambil buat resume & ref tugas kul – Business ethic – ada Chapter 5 tentang CSR,.

    Makasih yah pak David,.

    best regards,

    caroline_sispane

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on Desember 5, 2008 by in Opini and tagged , , , , .
%d blogger menyukai ini: