David Ganda Silalahi

let's our freedom's to be free

Corporate Social Responsibility

slide11Buku “Corporate Social Responsibility” terdiri dari tujuh bab dimana masing-masing mempunyai keterkaitan antara bab satu dan berikutnya. Pada bab 1 yang berisi tentang pendahuluan, mengetengahkan mengenai peran globalisasi yang melanda dunia khususnya negara dunia ketiga dan tantangan serta kemampuan negara-negara tersebut bermain di arena globalisasi dan perdagangan bebas.Buku ini sangat perlu dibaca oleh kalangan bussinessman atau siapapun yang ingin mengetahui lebih lanjut bagaimana seharusnya pihak korporat bersikap terhadap lingkungan sosialnya dimana pihak korporat dalam hal ini dilihat sebagai bagian dari masyarakat yang lebih luas. Buku ini secara tuntas mencoba untuk mengulas sebuah paradigma baru di Indonesia, yaitu paradigma yang melihat antara pihak korporat dan masyarakat bukanlah dua pihak yang berbeda dan bertolak belakang namun merupakan bagian yang tak terpisahkan.

Seperti kita ketahui bahwa korporat sebagai suatu sistem, dalam keberlanjutan dan keseimbangannya, tidak bisa berdiri sendiri. Korporat memerlukan kemitraan yang saling timbal balik (resiprocal) dengan institusi lain. Korporat selain mengejar keuntungan ekonomi untuk kesejahteraan dirinya, ia juga memerlukan alam untuk sumber daya olahannya dan stakeholder lain untuk mencapai tujuannya. Dengan menggunakan pendekatan Corporate Social Responsibility, korporat tidak hanya mendapatkan keuntungan ekonomi, tetapi juga keuntungan secara sosial. Dengan demikian keberlanjutan usaha korporat tersebut dapat berlangsung dengan baik dan secara tidak langsung akan mencegah konflik dan persaingan yang terjadi. Secara singkat, padat dan jelas penulis (Tim ICSD) selain mencoba membahas apa itu Corporate Social Responsibility dan kaitannya dengan perubahan global, juga mengulas peran dan keberadaan Corporate Social Responsibility dalam pembangunan nasional

3 comments on “Corporate Social Responsibility

  1. Bayu Purwa Nugraha
    Maret 12, 2009

    halo..

    mau tanya neh..

    saya bisa dapetin itu buku dimana ya?

    saya sudah cari di toko buku kok gak ada ya….

    thx

    • david ganda silalahi
      Maret 16, 2009

      sebenarnya di gramedia ada… tapi memang terkadang stoknya terbatas….
      sebagai alternatif, bisa juga langsung dengan

      Hadijah or Riny
      Phone. (021) 7989548, 70627506;
      Fax. (021) 7989548;
      E-mail: icsd.forum@yahoo.com; info@icsd.or.id
      Website. http://www.icsd.or.id
      HP. 081218880529

  2. Bayu Purwa Nugraha
    Maret 25, 2009

    makasih ya atas info bukunya…

    saya mau tanya neh,,

    saya adalah seorang mahasiswa dan sedang membuat skripsi.
    skripsi yang saya buat bertemakan CSR, apakah CSR memberikan pengaruh kepada konsumen dalam melakukan pembelian prouduk.
    menurut sumber yang saya baca, konsumen jaman sekarang tidak hanya melihat kualitas produk atau harga produk saja tetapi juga melihat tanggung jawab sosial yang sudah dilaksanakan oleh perusahaan pembaut produk tersebut. jadi kepedulian konsumen sudah meluas dari sekedar produk menjadi kepada korporatnya.

    menurut sumber yang saya baca juga, ada penelitian yang mengatakan bahwa banyak konsumen yang mau berpindah ke produk perusahaan yang memiliki CSR yang baik dari pada produk perusahaan yang tidak menerapkan csr.

    saya membutuhkan contoh kuesioner yang berguna bagi skripsi saya…
    jika ada mohon bantuannya, kirim via email saya…
    terima kasih sebelum nya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on Desember 4, 2008 by in PUBLIKASI and tagged , , , , .
%d blogger menyukai ini: